6 POIN YANG HARUS ADA DALAM SEO (Search Engine Optimization)



Tulisan ini saya buat untuk latihan menulis artikel berbasis SEO. Sumber tulisan ini adalah hasil webinar yang saya ikuti bersama Exabytes pada 18 Desember 2020 dengan pemateri Kak Larasati Ayeshaputri

Dulu pas freelance sering ngelihat orang yang bid project SEO, terus di internet suka aja muncul ads tentang SEO. Sempat penasaran tapi hanya dilirik saja, gak mau cari tahu. Karena pikirannya itumah harus pinter di coding kali,,,,☺Muncul pertanyaan kok orang-orang sekarang kalau mau promosi lewat online sukanya cari writer yang harus tahu SEO? Apa sih SEO?

SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION)

SEO (Pengoptimalan mesin telusur) yaitu mengoptimalkan website untuk muncul di pencarian teratas. Menulis dengan SEO haruslah memenuhi kaidah SEO.

KAIDAH PENULISAN SEO

  • Menggunakan 6 poin yang harus ada dalam artikel
  • Optimasi konten
  • Menulis untuk manusia

6 POIN YANG HARUS ADA DALAM ARTIKEL

  1. URL
  2. H1
  3. Image
  4. Body
  5. Subheading
  6. Meta

1. URL

Rangkaian karakter yang menunjukan alamat suatu sumber dalam internet. Syarat URL yang sesuai SEO haruslah pendek, ditulis dengan huruf kecil, dan mudah dibaca.

2. H1

Headline merupakan bagian terpenting dari suatu artikel yang bertujuan untuk menarik minat pembaca. Headline harus mengimplementasikan 5W+1H dan harus mendeskripsikan isi yang akan disampaikan.

3. IMAGE

Artikel sebaiknya dilengkapi dengan foto yang menunjang/ mendeskripsikan isi sebuah artikel. Foto yang baik haruslah mudah untuk diunduh dan mobile-friendly

4. BODY

Isi sebuah artikel haruslah memiliki topik yang konkrit, rata-rata berkisar 500 sampai 700 kata. Berisi keyword (kata kunci) utama dan memiliki volume yang tinggi dan kesulitan (difficulty) keyword yang rendah. Keyword dibagi ke dalam kalimat yang pendek.

5. SUBHEADING (H2, H3)

Berisikan poin-poin yang menjelaskan body dan menjawab H1

6. META

Biasanya muncul di SERPs dan harus ditulis kurang dari 100 kata yang memasukan keyword body.

Sekian tulisan saya mengenai penulisan artikel berbasis SEO. Tentunya penulisan artikel yang baik harus pula ditunjang dengan skill menulis. Seorang SEO WRITER dalam menulis harus mengingat ini : "Write for humans not for Google Robots".....See you semoga bermanfaat.


Next, mau nulis tentang Digital Marketing. Semoga tekad ini mengalahkan kemageran...aamiin.






6 POIN YANG HARUS ADA DALAM SEO (Search Engine Optimization) 6 POIN YANG HARUS ADA DALAM SEO (Search Engine Optimization) Reviewed by Siti Dianur Hasanah on December 19, 2020 Rating: 5

No comments

Advertisement