CARA MENGHITUNG EFISIENSI TRANSFORMATOR KELAS 9 KURIKULUM 2013

Transformator

Transformator adalah alat yang dapat digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan listrik bolak-balik. Transformator tidak dapat digunakan pada tegangan listrik searah. Bagian-bagian utama transformator ada tiga macam yaitu kumparan primer yang dihubungkan ke tegangan sumber, kumparan sekunder yang menghasilkan tegangan keluaran, dan inti besi. Inti besi pada transformator terbuat dari susunan pelat-pelat besi tipis (teras besi). Hal ini bertujuan untuk memperkecil arus pusaran yang dapat menimbuljan panas. Dengan demikian maka energi listrik yang berubah menjadi panas dapat diperkecil. Semakin kecil energi listrik yang berubah menjadi energi kalor, maka daya transformator semakin tinggi.

a) Transformator Penaik Tegangan (step-up)
Transformator penaik tegangan (step-up) digunakan untuk menaikkan tegangan bolak-balik. Transformator ini biasanya dipasang di dekat generator sebelum dayanya ditransmisikan ke konsumen. Transformator ini memiliki ciri-ciri, yaitu:
 Jumlah lilitan sekunder lebih banyak daripada jumlah lilitan primer
 Tegangan sekunder lebih besar daripada tegangan primer
 Kuat arus sekunder lebih kecil daripada kuat arus primer

b) Transformator Penurun Tegangan (step-down)
Transormator penurun tegangan (step-down) digunakan untuk menurunkan tegangan bolak-balik. Transformator step-down biasanya dipasang di gardu induk. Ciri-ciri transformator penurun tegangan (step-down) antara lain:
 Jumlah lilitan sekunder lebih sedikit daripada jumlah lilitan primer
 Tegangan sekunder lebih kecil daripada tegangan primer
 Arus sekunder lebih besar daripada kuat arus primer

Transformator bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik. Tegangan masukan bolak-balik yang membentangi primer menimbulkan fluks magnet yang idealnya semua bersambung dengan lilitan sekunder. Fluks bolak-balik ini menginduksikan GGL dalam lilitan sekunder. Jika efesiensi sempurna, semua daya pada lilitan primer akan dilimpahkan ke lilitan sekunder.



Contoh Soal:
Perbandingan jumlah kumparan primer dan kumparan sekunder sebuah transformator adalah 2 : 5. Jika transformator tersebut dihubungkan dengan sumber arus bolak-balik 220 volt, tentukan:
a. Tegangan sekunder
b. Kuat arus sekunder jika kuat arus primer 400 miliampere



c) Efisiensi Transformator
Efesiensi transformator bergantung pada daya listrik yang dihasilkan oleh kumparan sekunder dan daya listrik yang dihasilkan oleh kumparan primer. Dengan kata lain, efesiensi transformator adalah perbandingan antara daya pada kumparan sekunder dengan daya pada kumparan primer sebuah transformator. Efesiensi transfomator selalu kurang dari 100%. Hal ini disebabkan ketika digunakan, transformator selalu menimbulkan panas.


Contoh Soal Jika yang Diketahui Perbandingan Jumlah Lilitan Primer dan Skunder


Penyelesaian: simak video di bawah ini!







CARA MENGHITUNG EFISIENSI TRANSFORMATOR KELAS 9 KURIKULUM 2013 CARA MENGHITUNG EFISIENSI TRANSFORMATOR KELAS 9 KURIKULUM 2013 Reviewed by Siti Dianur Hasanah on February 08, 2020 Rating: 5

No comments

Advertisement