IPA Kelas 6 Semester 1 Konduktor dan Isolator Panas

KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS


Panas atau kalor adalah energi yang berpindah akibat perbedaan suhu. Panas bergerak dari daerah bersuhu tinggi ke daerah bersuhu rendah. Berdasarkan Standar Internasional (SI) panas memiliki satuan yaitu Joule.

Konduktor Panas

Konduktor panas adalah benda-benda atau zat yang memiliki sifat dapat menghantarkan panas. Bahan yang dapat digunakan untuk penghantar panas, yaitu logam dan kaca. Logam contohnya aluminium, besi, baja, perak dan kuningan. 

Isolator Panas

Isolator panas adalah benda-benda atau zat yang memiliki sifat tidak dapat menghantarkan panas. Contohnya, kayu, kain, plastik, ebonit, karet, dsb.


Perpindahan panas


1.      Konduksi/hantaran, yaitu perpindahan panas melalui suatu zat tanpa disertai perpindahan zat yang dilaluinya. Contohnya besi yang dipanaskan ujungnya akan menghantarkan panas keseluruh besi.

2.    Konveksi/aliran, yaitu perpindahan panas melalui suatu zat disertai dengan perpindahan zat yang dilaluiContohnya air yang direbus, pergantian mengalirnya angin darat dan angin laut, balon udara yang bisa terbang karena ada udara panas, dan memanaskan rambut dengan hairdrayer.

3.    Radiasi / pancaran, yaitu perpindahan panas tanpa zat perantara. Contoh : api unggun, panas matahari yang sampai ke bumi, dan peristiwa menjemur pakaian.


Ilustrasi singkat
Gambar terkait

            


Lihat juga:

RANGKUMAN IPA KELAS 6 SD KURIKULUM 2013




IPA Kelas 6 Semester 1 Konduktor dan Isolator Panas IPA Kelas 6 Semester 1 Konduktor dan Isolator Panas Reviewed by Siti Dianur Hasanah on October 18, 2019 Rating: 5

No comments

Advertisement