Tema 2 Subtema 1 Rangkuman dan Isian Jawaban



Rangkuman  Tema 2 Sebtema 1 pembelajaran 1


Organ Pernafasan Hewan

1.      Cacing
Cacing bernapas melalui permukaan kulit. Kulit cacing selalu basah dan berlendir untuk memudahkan penyerapan oksigen dari udara. Di bawah permukaan kulit cacing yang tipis, terdapat pembuluh udara.

2.      Serangga
Alat pernapasan serangga berupa trakea, yaitu sistem tabung yang memiliki banyak percabangan di dalam tubuh. Percabangan trakea disebut trakeola.

3.      Ikan
Ikan bernapas dengan organ khusus mirip saringan yang disebut insang. Insang berbentuk lembaran tipis berwarna merah muda dan selalu lembap. Insang terdapat tepat di belakang rongga mulut pada kedua sisi kepala ikan. Biasanya insang dilindungi oleh selaput atau rangka yang disebut tutup insang (operkulum).

4.      Katak
Saat masih berupa kecebong, katak hidup di dalam air dan bernapas menggunakan insang. Setelah berumur 9 hari, kecebong bernapas menggunakan insang dalam. Insang dalam akan menyusut seiring mulai berfungsinya paru-paru dan katak muda pun tumbuh menjadi katak dewasa. Katak dewasa bernapas menggunakan paru-paru dan permukaan kulit

5.      Ular
Udara masuk melalui hidung, lalu ke batang tenggorokan, lalu ke paru-paru. Paru-paru reptil terletak di dalam rongga dada dan dilindungi oleh tulang rusuk. Paru-paru reptil sederhana dengan beberapa lipatan dinding yang dapat memperbesar permukaan paru-paru. Namun, paru-paru kadal dan buaya lebih kompleks dengan beberapa belahan dan bertekstur seperti spons.

6.      Burung
Burung bernapas dengan sepasang paru-paru. Paru-paru burung terletak di dalam rongga dada. Udara yang mengandung oksigen masuk melalui lubang hidung pada pangkal paruh sebelah atas. Selanjutnya udara masuk ke pembuluh udara yang disebut trakea. Dari trakea, udara sebagian masuk ke paru-paru dan sebagian lagi masuk ke kantong udara

7.      Mamalia
Mamalia adalah jenis hewan yang menyusui anaknya. Alat pernapasan mamalia darat terdiri atas hidung, pangkal tenggorok, batang tenggorok, dan paru-paru. Pada mamalia air, hidungnya dilengkapi dengan katup. Saat mamalia tersebut menyelam, katup akan menutup. Sebaliknya, saat mamalia tersebut muncul ke permukaan air, katup terbuka. 

LATIHAN HALAMAN 3


 

Rangkuman  Tema 2 Sebtema 1 Pembelajaran 2

Organ pernapasan manusia terdiri atas hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru (alveolus).

1. Hidung
Udara masuk melalui lubang hidung ke dalam rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal untuk menyaring dan menangkap kotoran yang masuk bersama udara. Selain disaring udara yang masuk dilembapkan oleh selaput hidung.
2. Faring
Faring merupakan persimpangan antara saluran pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang.
3. Laring
Laring atau tekak (jakun) terdapat di bagian belakang faring. Laring terdiri atas sembilan susunan tulang rawan berbentuk kotak.
4. Trakea (batang tenggorokan)
Pada trakea terdapat jaringan yang disebut silia yang akan bergerak dan mendorong keluar debu-debu dan bakteri yang masuk.
5. Bronkus
Bronkus merupakan percabangan dari trakea serta terdiri atas bronkus kiri dan bronkus kanan.
6. Bronkiolus
Bronkiolus merupakan percabangan dari bronkus.
7. Alveolus
Alveolus terdapat di dalam paru-paru merupakan tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Alveolus dikelilingi kapiler-kapiler darah. Alveolus berbentuk seperti buah anggur.

Tangga Nada Diatonis mayor

Tangga nada merupakan susunan berjenjang, misalnya do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Dalam seni musik ada jenis tangga nada diatonis. Tangga nada diatonis terdiri atas delapan nada. Tangga nada diatonis dibagi lagi dalam dua jenis tangga nada, yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor.

Latihan Halaman 20



Rangkuman Subtema 1 Pembelajaran 3


Tanggung Jawab Sebagai Warga Masyarakat

Tanggung jawab merupakan sikap terpuji yang hendaknya dimiliki setiap individu. Sikap tanggung jawab mencerminkan nilai karakter setiap individu. Jadi karakter seseorang tecermin dalam sikap tanggung jawabnya, baik terhadap diri sendiri, orang lain, masyarakat, maupun bangsa dan negara. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.
Tanggung Jawab setiap individu meliputi berbagai jenis sebagai berikut:
1.      Tanggungjawab terhadap diri sendiri
2.      Tanggungjawab terhadap keluarga
3.      Tanggungjawab terhadap masyarakat
4.      Tanggungjawab terhadap bangsa dan negara
5.      Tanggungjawab terhadap Tuhan

Pengertian Masyarakat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, masyarakat adalah sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama.
Tanggung jawab sebagai warga masyarakat adalah tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan seseorang dalam kedudukannya sebagai warga masyarakat. Hidup bersama dalam masyarakat berarti hidup dengan orang lain dalam suatu tempat tertentu dan mempunyai kepentingan tertentu.

Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Masyarakat

Kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jenis-jenis bidang usaha:
1.      Agraris
2.      Peternakan
3.      Perikanan
4.      Pertambangan
5.      Kehutanan
6.      Perdagangan
7.      Perindustrian

Latihan Halaman 24
 

Rangkuman Subtema 1 Pembelajaran 4

Jenis Usaha Bidang Jasa

Jenis usaha pariwisata merupakan usaha di bidang jasa. Bidang jasa berkaitan dengan pemberian layanan kepada konsumen. Contoh usaha jasa selain pariwisata antara lain perbankan, keuangan, asuransi, kesehatan, dan hukum. Sektor jasa di Indonesia, terutama pariwisata berkembang pesat. Pesatnya jasa pariwisata didukung potensi panorama alam Indonesia yang elok. Sektor pariwisata di Indonesia juga menonjolkan aspek budaya. Contoh objek wisata alam adalah danau, pantai, bukit, pegunungan, gunung, suaka alam, serta flora fauna. Contoh objek wisata budaya adalah kesenian daerah, upacara adat, keraton, dan candi. Berkembangnya sektor pariwisata menumbuhkan usaha-usaha penunjang jasa pariwisata.
Usaha-usaha di bidang jasa pariwisata antara lain sebagai berikut.
1. Pengelola jasa penginapan, misalnya hotel, motel, wisma, dan losmen.
2. Usaha penjualan barang cendera mata atau suvenir.
3. Penyedia jasa pemandu wisata (tour guide).
4. Penyedia jasa pariwisata dan transportasi (tour and travel).


Rangkuman Subtema 1 Pembelajaran 5


Bernafas Membutuhkan Kekuatan Otot
Bernapas adalah kegiatan menghirup oksigen ke dalam tubuh dan membuang karbon dioksida dari dalam tubuh. Kegiatan bernapas membutuhkan kekuatan otot. Otot pernapasan utama adalah diafragma. Diafragma terdapat di dalam tubuh di bagian bawah rongga dada. Diafragma berbentuk seperti kubah.
Saat menghirup udara, diafragma akan berkontraksi menjadi lebih datar. Saat itu paru-paru membesar untuk dapat menampung udara yang kita hirup. Saat kita menghirup udara, otot-otot tulang rusuk mengangkat tulang rusuk kita sehingga paru-paru membesar. Sebaliknya, saat membuang napas, otot diafragma akan relaksasi dan otot tulang rusuk mengendur. Paru-paru mengkerut lagi ke ukurannya yang lebih kecil dan mengembuskan udara pengap berisi karbon dioksida.

Bagan Cara Kerja Diafragma


Tangga Nada Diatonis Minor

            Merupakan tangga nada yang mempunyai interval  Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah.
Ciri-ciri:
1.      Lagu bersifat sedih, contohnya lagu “Gugur Bunga
2.      Lagu kurang bersemangat.
3.      Melodi lagu biasanya diawali dan diakhiri nada 6. Namun tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 dan diakhiri nada 6.

Latihan Hlm 44 Ayo Renungkan


Rangkuman Subtema 1 Pembelajaran 6

Jenis-Jenis Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat

1.      Memelihara Ketertiban dan Keamanan Hidup Bermasyarakat
2.      Menjaga dan Memelihara Rasa Persatuan dan Kesatuan Masyarakat

Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan antar warga:
a. Membina keserasian, keselarasan, dan keseimbangan dalam berbagai lingkungan kehidupan.
b. Saling mengasihi, membina, dan memberi antarsesama.
c. Tidak menonjolkan perbedaan tetapi mencari kesamaan.
Perilaku yang mencerminkan sikap menjaga dan memelihara rasa persatuan dan kesatuan:
a.       Hidup rukun
b.      Menyelesaikan masalah sosial bersama-sama
c.       Tidak membeda-bedakan suku, agama, ras, ataupun golongan
d.      Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar
e.       Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat

Manfaat memelihara dan menjaga persatuan dan kesatuan:
a. Terwujudnya kehidupan masyarakat yang serasi, selaras, dan seimbang.
b. Pergaulan antarsesama warga masyarakat akan lebih rukun dan akrab.
c. Terwujudnya sikap saling mencintai dan saling membantu antarwarga masyarakat.
d. Dapat mengatasi semua perbedaan yang ada dengan penuh kesadaran.
e. Pembangunan nasional akan berjalan lebih baik dan lancar.
f. Pelaksanaan gotong royong akan dapat berjalan lancar dan baik.

3.      Meningkatkan rasa solidaritas sosial sesama anggota masyarakat
4.      Menghapuskan Bentuk-Bentuk Tindakan Diskriminasi
Secara harfiah diskriminasi berarti “perbedaan perlakuan”.



Tema 2 Subtema 1 Rangkuman dan Isian Jawaban Tema 2 Subtema 1 Rangkuman dan Isian Jawaban Reviewed by Siti Dianur Hasanah on July 27, 2020 Rating: 5

No comments

Advertisement