Cara Berpikir Suprarasional - Raden Ridwan Hasan Saputra



                                              sumber gambar:https://www.tokopedia.com/ 
 
Cara Berpikir Suprarasional
- Penulis: Raden Ridwan Hasan Saputra
- Penerbit: Republika Penerbit (PT Pustaka Abdi Bangsa
- Cetakan II April 2017, jml hal= x+178 hal

Cara berpikir manusia dalam menyelesaikan masalah menurut Raden Ridwan ada empat, yakni cara berpikir natural, rasional, supranatural, dan suprarasional. Cara berpikir natural adalah cara berpikir yang biasanya mengikuti pola yang sudah ada, arang ada inovasi atau antisipasi masalah. Cara berpikir rasional biasanya sudah melibatkan inovasi. Cara berpikir supranatural adalah kebiasaan orang-orang natural yang melibatkan hal-hal gaib. Cara berpikir suprarasional adalah cara berpikir yang bergantung pada yang gaib, yaitu Allah SWT. Suprarasional merupakan cara yang seharusnya diterapkan oleh umat dunia saat ini. Cara berpikir ini dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan matematika dan pendekatan keimanan. Sehingga sesuatu yang awalnya sulit dipahami menjadi mudah dipahami. Kalau mudah dipahami tentu akan meudah bagi individu menjalankannya dan pada akhirnya hasil nyata akan dirasakan.
Konsep berpikir suprarasional digambarkan dengan konsep segitiga dalam kurva matematika. Kebutuhan hidup digambarkan dengan segitiga berwarna hitam, sedangkan pahala digambarkan dengan segitiga berwarna biru. Ketika kita melakukan perbuatan baik akan menambah pahala, sehingga akan memunculkan luasan segitiga biru. Semakin banyak perbuatan baik yang kita lakukan, maka luasan segitiga biru kita akan bertambah. Namun sebaliknya, jika dalam hidup kita sering melakukan perbuatan dosa, maka akan muncul segitiga berwarna hitam. Jangan sampai luasan segitiga hitam kita lebih besar dari segitiga biru, yang artinya perbuatan dosa kita lebih banyak daripada amal baik kita.
Cara berpikir suprarasional menyadarkan kita akan pentingnya menabung amal pahala sebanyak mungkin. Pahala ini dapat kita tukar kelak dengan apa yang kita inginkan dan tanpa sadar rezeki itu datang dari jalan yang terduga. Hal ini boleh jadi dari amalan baik yang telah kita perbuat sebelumnya yang dilakukan dengan ikhlas dan tanpa imbalan. Cara menukar tabungan pahala ini adalah dengan berdo’a dengan kekhusyuan dan kerendahan hati. Insya Allah dengan cara tersebut, maka tabungan pahala kita akan menjadi apa yang kita inginkan.
Berpikir suprarasional sebaiknya diterapkan oleh para pemimpin Indonesia saat ini, karena dengan menerapkan prinsip itu, pemimpin dapat mengajak anggotanya atau masyarakatnya untuk banyak melakukan kebaikan seperti, sedekah, gotong-royong, merangkul rakyat yang kecil, dan perbuatan baik lainnya. Pemimpin yang selalu menerapkan cara berpikir tersebut insya Allah dalam hidupnya jauh dari perbuatan dosa seperti serakah, suka menindas yang lemah dan perbuatan korupsi dalam hal apapun.
Dari buku ini, kita belajar cara menghadapi masalah dengan melibatkan Allah SWT melalui cara berpikir suprarasional. Kita iuga diajak untuk menjauhi perbuatan dosa dan memperbanyak tabungan pahala dan jangan bergantung kepada selain Allah. Selain itu, buku ini dapat memotivasi dalam menumbuhkan semangat jihad fisabilillah dalam jiwa pembacanya.

Cara Berpikir Suprarasional - Raden Ridwan Hasan Saputra Cara Berpikir Suprarasional - Raden Ridwan Hasan Saputra Reviewed by Siti Dianur Hasanah on September 30, 2017 Rating: 5

No comments

Advertisement