PRAKARYA KELAS 7 MATERI PENGOLAHAN BAHAN MAKANAN ; PENGERTIAN BUAH SEGAR


PRAKARYA KELAS 7
MATERI : PENGOLAHAN BAHAN MAKANAN



BUAH


Buah segar adalah bahan pangan yang sudah dapat dikonsumsi secara langsung tanpa memerlukan pengolahan terlebih dahulu . Buah segar dapat dimakan langsung tanpa diolah terlebih dulu, karena rasanya sudah beraneka, segar, bentuk dan warnanya menarik.

KARAKTERISTIK BUAH

Berdasarkan sifatnya, buah-buahan dikelompokan menjadi beberapa golongan, yaitu:
  1. Berdasarkan Musim Buahnya
  2. Berdasarkan Iklim Tempat Tumbuhnya
  3. Berdasarkan Proses Pematangannya

Berdasarkan Musim Berbuahnya

  • Buah musiman 

adalah buah yang hanya ada di waktu musim tertentu. Pada suatu saat berbuah banyak dan pada saat lain tidak berbuah sama sekali. Contohnya buah kelengkeng, durian, kedondong, rambutan, dan duku.
  • Buah sepanjang tahun 

adalah jenis buah-buahan yang tersedia sepanjang tahun. Buah ini selalu tersedia dihasilkan dari tanaman yang berubah sepanjang tahun tidak tergantung musim. Contohnya pepaya, pisang, jambu biji, markisa, nanas, dan jambu air.

Berdasarkan Iklim Tempat Tumbuhnya

  • Buah tropis

buah-buahan dari tanaman yang tumbuh di iklim panas atau tropis dengan suhu udara sekitar 25°C atau lebih. Contohnya pepaya, pisang, mangga, nanas, rambutan, dan durian.
  • Buah subtropis, 

buah dari tanaman yang tumbuh di iklim sedang atau di daerah yang mempunyai suhu udara maksimum 22°C. Contohnya jeruk, stroberi, apel, anggur, dan sebagainya.


Berdasarkan Proses Pematangannya

  • Buah klimaterik, 

yaitu buah yang setelah dipanen dapat menjadi matang hingga terjadi pembusukan. Ddalam fase klimaterik ditandai dengan perubahan warna, tekstur dan bau buah. Contohnya pisang, mangga, pepaya, jambu biji, apel dan sebagainya.
  • Buah non klimaterik, 

yaitu buah yang setelah dipanen tidak akan mengalami proses pematangan tetapi langsung ke arah pembusukan. Contohnya anggur, jambu air, semangka, dan sebagainya


Alat dan Bahan

 

Alat                            

1.      Ampelas

2.      Wadah (sangku nasi)

3.      Pengaduk

4.      Kompor

5.      Kuali

 

Bahan                              

1.      5 butir telur bebek,

2.      Garam kasar/ korosok

3.      Abu gosok

4.      Batu bata yang sudah di haluskan

5.      air secukupnya.

 

Cara Kerja

 

1.       Pilih telur yang bermutu baik (tidak retak atau busuk) dengan cara merendam telur tersebut, apabila telurnya mangapung berarti telur tersebut berkualitas buruk. Bersihkan telur dangan cara dicuci lalu dilap agar kering.

 

                    

 

 

 

 

 

 

2.      Bersihkan telur menggunakan pembersih kawat yang bening sembari digosok-gosok. Jika diampelas, ampelas dulu sebelum dicuci.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      Tiriskan telur

 

4.      Buat adonan serburk bata/ abu gosok dengan komposisi 5 telur ditambahkan garam dan serbuk bata/ abu gosok dengan perbandingan 1:3 (1 takar garam, 3 takar serbuk bata/abu gosok).  Adonan ditambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan dapat membungkus telur sampai adonan dapat dibentuk.

 

 

 

 

 

 

 

 

5.    Selimuti /balut telur yang sudah kering dengan adonan tadi, jangan terlalu tebal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.      Simpan di wadah sangku nangsi selama minimal 2 minggu untuk mendapatkan telur asin yang masir (kuning telurnya mengeluarkan seperti minyak kalau sudah matang) dan untuk mendapatkan telur yang awet /tahan lama.

 

 

 

 

 

 

 

7.      Setelah 2 minggu bersihkan telur dari adonan bata/abu gosok. Telur sdicuci bersih.


PRAKARYA KELAS 7 MATERI PENGOLAHAN BAHAN MAKANAN ; PENGERTIAN BUAH SEGAR PRAKARYA KELAS 7 MATERI PENGOLAHAN BAHAN MAKANAN ; PENGERTIAN BUAH SEGAR Reviewed by Siti Dianur Hasanah on September 06, 2020 Rating: 5

No comments

Advertisement